Khatib Jumat di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Buya Mahyeldi Paparkan 3 Karakter Generasi Tangguh

 

 Buya Mahyeldi saat Kahtib Jum'at di Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumatera Barat


Padang, prodeteksi.com----Menjadi khatib shalat jumat di Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumatera Barat, Jl. Bundo Kandung, Padang, Jumat (24/9/2021), Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi mengingatkan tentang arti penting membina generasi yang berkarakter kuat.


Berlandaskan pada Qur'an Surah Ibrahim ayat 24-25, Buya Mahyeldi menggambarkan 3 (tiga) ciri atau karakter seorang muslim melalui perumpamaan sebatang pohon.


Pertama, pohon yang kuat. Artinya berpendirian kokoh, sikap yang jelas, tidak mudah terbawa arus dan punya prinsip.
Pohon yang tinggi. Memiliki pandangan yang luas. Melihat tidak hanya saat ini, tapi memiliki visi jauh kedepan serta berpengetahuan tinggi.


Terakhir, pohon yang berbuah. Maknanya, bermanfaat bagi siapapun, memberikan solusi dan kebaikan dimanapun berada dan apapun profesi atau perannya.


"Generasi inilah yang disebut sebagai generasi tangguh yang harus dihadirkan. Dengan karakter ini, apapun kondisi derasnya tantangan dunia tetap bisa dilalui. Menjadi solusi ditengah masyarakat," ujar Buya Mahyeldi.


Usai shalat jumat, Buya menyempatkan berdialog dan mendengarkan aspirasi langsung dari jemaah yang sebagian besar merupakan pedagang di Pasar Raya Padang. ***(da/mmc)

F